Sebutkan Komponen Sistem Pendinginan Dan Fungsinya

Sistem pendinginan merupakan bagian vital pada kendaraan. Dengan adanya sistem pendinginan, suhu mesin dapat terjaga dengan nomor sesuai dengan suhu kerjanya. Sistem pendinginan saat ini terdapat dua macam, yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin air.


Seiring dengan kemajuan teknologi, sistem pendingin air lebih banyak digunakan pada kendaraan. Pendinginan yang lebih merata menjadi alasan para insinyur umunt menggunakan sistem pendingin air pada kendaraan. Namun konstruksinya yang rumit menyebabkan sistem pendingin air membutuhkan banyak komponen. Setiap komponen memiliki fungsi masing-masing. 

Nah sobat pasti ada yang belum tahu kan?  Berikut penjelasan mengenai komponen sistem pendinginan.

1. Radiator

Radiator

Radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin. Dalam radiator terdapat tiga bagian utama, yaitu bagian atas ( upper tank ), inti radiator ( radiator core ), dan bagian bawah ( lower tank ).

2. Tutup radiator

tutup radiator

Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan air di dalam sistem pendinginan. Penggunaan tutup radiator yang bertekanan diutamakan sebab efek pendinginan radiator bertambah dan membuat perbedaan suhu antara udara luar dan cairan pendingin. Pada tutup radiator dilengkapi dengan relief valve dan vacuum valve.

3. Reservoir tank

Reservoir tank berfungsi sebagai tanki cadangan untuk menyimpan air saat suhu naik. Bila temperatur naik, maka cairan pendingin yang berlebihan akan dikirim ke reservoir tank. Bila temperatur turun, maka cairan pendingin yang ada pada reservoir tank akan kembali ke radiator. Hal ini untuk mencegah air pendingin terbuang dan mencegah radiator kekurangan cairan pendingin.

4. Pompa air

pompa air

Pompa air berfungsi untuk memgirim cairan pendingin melalui sistem pendingin dengan tekanan agar cairan pendingin dapat bersirkulasi. Umumnya yang banyak digunakan adalah tipe pompa sentrifugal.

5. Thermostat

thermostat

Thermostat adalah katup yang membuka dan menutup secara otomatis sesuai temperatur cairan pendingin. Thermostat berfungsi untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerjanya. Bila temperatur pendingin rendah, katup menutup untuk mencegah agar air tidak masuk ke radiator. Bila temperatur naik, katup akan membuka dan kemudian cairan pendingin mengalir ke radiator.

6. Kipas pendingin

Fungsi dari kipas pendingin adalah menambah pendinginan dan menyerap panas radiator agar cairan menjadi dingin. Pada kipas pendingin terdapat dua macam, yaitu kioas pendingin yang digerakkan oleh mesin melalui fan belt dan kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik.

7. Selang radiator

Selang radiator berfungsi sebagai media untuk mengalirkan cairan pendingin dari mesin ke radiator kemudian kembali lagi ke mesin.

0 komentar

Post a Comment