Jenis Jenis Kopling Dan Contoh Aplikasinya

Kopling merupakan bagian penting pada kendaraan karena kopling berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan tenaga dari mesin menuju transmisi. Semua kendaraan pasti memiliki kopling. Bahkan panda kendaraan yang menggunakan transmisi matic pun memiliki kopling.

Baca juga : Komponen Kopling dan Fungsinya

Di dunia ini terdapat banyak jenis kopling. Tidak hanya pada kendaraan, kopling juga terdapat pada kompresor AC. Untuk lebih mengetahui jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis kopling pada kendaraan.

Kopling Gesek

kopling gesek
Dinamakan kopling gesek karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan gaya gesek yang terjadi pada bidang gesek. Kopling gesek memiliki beberapa jenisnya, yaitu:

1. Kopling piringan ( disc clutch )
Kopling piringan adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan/disc.

2. Kopling konis ( conis clutch )
Kopling konis adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk konis.

3. Kopling pelat tunggal
Kopling pelat tunggal adalah unit kopling dengan jumlah piringan kopling hanya satu.

4. Kopling pelat ganda atau banyak
Kopling pelat ganda atau banyak adalah unit kopling dengan jumlah piringan lebih dari satu.

5. Kopling basah
Kopling basah adalah unit kopling dengan bidang gesek ( piringan/disc ) terendam cairan/minyak atau bisa juga oli. Kopling basah banyak kita jumpai pada sepeda motor.

6. Kopling kering
Kopling kering adalah unit kopling dengan bidang gesek tidak terendam cairan/minyak ( bahkan tidak boleh ada cairan/minyak ) karena dapat menyebabkan selip. Jenis kopling ini dapat kita temui pada mobil dengan transmisi manual.

7. Kopling pegas spiral
Kopling oegpe spiral adalah unit kopling dengan pegas penekannya berbentuk spiral. Kelebihan kopling ini adalah penekanannya kuat dan kerjanya cepat. Sedangkan kekurangannya adalah penekan kopling berat, tekanan pada pelat penekan kurang merata. Kopling pegas spiral ini banyak digunakan pada kendaraan menengah dan berat yang mengutamakan kekuatan dan bekerja pada putaran lambat.

8. Kopling pegas diafragma
Kopling diafragma menggunakan pegas penekan berbentuk diafragma. Kopling jenis ini banyak digunakan pada kendaraan ringan yang mengutamakan kenyamanan.

Kopling Magnet


kopling magnet

Disebut kopling magnet karena didalam pemindahan daya dengan memanfaatkan gaya magnet. Kopling jenis ini kebanyakan dipakai untuk kopling kompresor AC ( Air Conditioner ).

Kopling Satu Arah
kopling satu arah

Kopling satu arah adalah kopling otomatis yang memutus hubungkan poros penggerak dan yang digerakkan bergantung pada perbandingan kecepatan putaran sudut dari poros-poros tersebut.

Kopling Hidrolik

Kopling ini melakukan pemindahan daya dengan memanfaatkan tenaga hidrolik.

Baca selengkapnya : Komponen kopling hidrolik

Nah begitu sob penjelasan mengenai jenis-jenis kopling dan ada beberapa contoh aplikasinya. semoga bermanfaat bagi sobat dan menambah wawasan. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

0 komentar

Post a Comment