Sistem kemudi pada kendaraan berfungsi untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. Cara kerja sistem ini adalah bila roda kemudi atau stir mobil diputar, steering column akan meneruskan putarannya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putaran ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage.
Bagian Utama Sistem Kemudi
1. Steering Column
Steering column terdiri dari main shaft yang meneruskan putaran stir kemudi ke steering gear, dan column tube yang mengikat main shaft ke body kendaraan. Steering column merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi saat terjadi kecelakaan. Steering column dipasang pada bodi melalui bracket column tipe break away sehingga steering column dapat bergeser turun pada saat terjadinya kecelakaan.
Selain sebagai mekanisme penyerap energi, pada steering column kendaraan saat ini terdapat sistem kontrol kemudi. Misalnya mekanisme steering lock untuk mengunci main shaft, mekanisme tilt steering untuk memungkinkan pengemudi menyetel posisi vertikal roda kemudi, dan telescopic steering untuk mengatur panjang main shaft agar memperoleh posisi kemudi yang sesuai dengan pengemudi.
Bagian bawah main shaft dihubungkan pada steering gear melalui universal joint yang berfungsi untuk memperkecil pengiriman kejutan yang diakibatkan oleh keadaan jalan dari steering gear ke roda kemudi.
2. Steering Gear
Steering gear berfungsi untuk mengarahkan roda depan. Selain itu, steering gear berfungsi sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Untuk itu diperlukan perbandingan gigi reduksi. Biasanya perbandingan gigi steering gear antara 18 sampai 20:1.
3. Steering Linkage
Steering linkage terdiri dari rod dan arm yang meneruskan tenaga dari steering gear ke roda depan. Ada beberapa tipe steering linkage dan konstruksi joint yang dirancang untuk mempengaruhi kestabilan, diantaranya:
1. Steering linkage untuk suspensi rigid
Steering linkage tipe ini terdiri dari pitman arm, drag link, knuckle arm, tie rod, dan tie rod end yang mempunyai pipa untuk menyetel panjang rod.
2. Steering linkage untuk suspensi independen
Pada tipe ini terdapat sepasang tie rod yang disambungkan dengan relay rod sebuah pipa dipasang diantara tie rod dan tie rod end untuk menyetel panjang rod.
0 komentar
Post a Comment