Cara Mengetahui Kerusakan Kopling Mobil

kerusakan kopling mobil

Kopling adalah bagian dari sistem pemindah tenaga yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dari mesin ke input transmisi. Masalah pada kopling seringkali terjadi seiring dengan pemakaian dan bagaimana cara kita mengoperasikannya. Masalah pada kopling jangan dianggap remeh karena dapat mengancam keselamatan kita saat berkendara.

Sebelum kita mengetahui gejala kerusakan pada sistem kopling dan cara mengatasinya, akan lebih baik kita mengetahui komponen yang ada di dalam kopling dan fungsinya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mendiagnosis kerusakan. Diagnosis kerusakan pada kopling mobil dapat diketahui sebagai berikut.

Diagnosis Kerusakan Kopling Selip

Cek saat mobil dalam keadaan diam, prosedurnya sebagai berikut.
  1. Start kendaraan dan panaskan mesin untuk operasi suhu yang normal, jangan lupa ganjal roda kendaraan, dan aktifkan rem parkir.
  2. Masukkan transmisi ke gigi tertinggi dan lepaskan pedal kopling pelan-pelan. Jika kopling terhubung dengan benar, maka putaran mesin harus segera turun, tetapi jika terjadi penundaan penurunan putaran mesin maka hal ini dapat dipastikan kondisi kopling selip.

Cek saat mobil berjalan, prosedurnya sebagai berikut
  1. Setelah mesin mencapai suhu kerjanya, perlahan-lahan percepat sampai 25-30 km/jam pada gigi transmisi tertinggi.
  2. Tekan pedal gas sepenuhnya untuk membuat percepatan penuh. Jika rpm mesin meningkat tanpa diikuti dengan peningkatan kecepatan kendaraan yang signifikan, berarti kopling selip dan perlu penggantian kampas kopling.

Diagnosis kerusakan kopling berbunyi

Bunyi kopling disebabkan oleh kopling yang slip berulang kali, akhirnya hubungan plat penekan dan permukaan fly wheel tidak normal. Suara kopling menghasilkan getaran, getaran ini dapat dirasakan dan dapat menyambar ke bodi kendaraan sehingga dapat menyebabkan kebisingan pada body.

Kopling bunyi bisa disebabkan oleh minyak atau oli pada pelat kopling, pelat kopling mengkilap, longgar atau rusak, peredam torsi usang, bengkok atau pelat kota terdistorsi, clutch cover longgar, pin pada roda gaya hilang, dan run out gaya berlebihan. Hot spot pada fly wheel dapat menyebabkan pelat kopling saat menjepit tidak rata sehingga mengakibatkan suara.

Diagnosis kerusakan kopling menarik ( tidak mau bebas )

Kopling menarik merupakan suatu kondisi dimana kopling tidak bebas sepenuhnya. Gejalanya bisa berupa gigi transmisi sulit berpindah dari netral ke gigi satu. Untuk mengetahui kerusakan ini lakukanlah pemeriksaan seperti berikut.
  1. Start kendaraan dan panaskan mesin dan transmisi sehingga mencapai suhu kerja.
  2. Transmisi dalam posisi netral dan jalankan mesin pada putaran idle.
  3. Injak pedal kopling, tunggu sembilan detik, dan masukkan transmisi pada gigi mundur.
  4. Jika terdengar suara roda gigi gemetar menunjukkan kopling belum sepenuhnya bebas.
Diagnosis kerusakan suara pada unit kopling

1. Suara pada bearing transmisi, yaitu suara hilang setelah pedal kopling ditekan.

Jika kebisingan muncul pada saat pedal kopling ditekan sepenuhnya dan roda gigi transmisi pada gigi rendah, maka penyebabnya adalah bantalan pembebas rusak. Untuk memastikannya, gigi transmisi harus benar-benar berhenti. Jika kebisingan bertambah parah, maka penyebabnya adalah bantalan pembebas, karena poros engkol berputar dan poros transmisi berhenti.

2. Bantalan pembebas rusak, yaitu kebisingan dimulai selama pedal kopling ditekan.

Posisikan transmisi pada posisi netral dan lepaskan injakan pedal kopling sedikit sampai gigi transmisi berputar. Pada saat ini bantalan pivot berhenti berputar namun bantalan pembebas masih berputar. jika suara itu berhenti, menandakan bahwa bantalan pivot rusak. jika kebisingan terjadi terus maka dapat dipastikan bantalan pembebas rusak.

3. Clutch cover rusak, yaitu kebisingan dan getaran terjadi pada saat pedal kopling ditekan setengah langkah.

Ketika mendiagnosis suara bantalan pembebas pastikan memeriksa penyetel FreePlay kopling. Ketinggian ujung pegas diafragma yang tidak merata dapat menyebabkan sleep antara bantalan pembebas dan diafragma yang akan menimbulkan kebisingan.

4. Bantalan pilot rusak dan suara muncul setelah pedal kopling ditekan sepenuhnya.

Beberapa suara dapat disebabkan oleh getaran dan kurangnya pelumasan pada poros dari garpu pembebas. Pastikan untuk melumasi titik-titik ini dengan gemuk. Untuk mempersiapkan pemeriksaan ini mesin harus dihidupkan pada kecepatan idle dan sistem penggerak kopling harus disetel untuk mendapatkan FreePlay yang benar.

0 komentar

Post a Comment